Selasa, 20 April 2010

DIKES : 250 SAMPEL DARAH POSITIF TERINFEKSI PMS




Gorontalo, 19/4 - Sebanyak 250 sampel darah dinyatakan positif terinfeksi Penyakit Menular Seksual (PMS) oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Gorontalo.

Kepala Dinkes, Nurindah Rahim menjelaskan, sampel darah tersebut diambil dari para waria dan pekerja seks komersial (PSK) yang sering beroperasi di tempat-tempat hiburan yang ada di Kota Gorontalo.

"Sampel darah ini setelah diperiksa, dinyatakan postif terinfeksi PMS , yang merupakan penyakit berbahaya yang menyerang alat vital baik pada pria maupun wanita," ujar Nurindah, Senin.

Dia menjelaskan, program pengambilan sampel darah tersebut merupakan program tahunan yang dilaksanakan oleh Dinkes Kota Gorontalo.

"Kegiatan ini sudah dilaksanakan setiap tahunnya, dengan tujuan untuk mendapatkan jumlah yang pasti penderita PMS yang ada di Kota Gorontalo," tambahnya.

Program ini juga bertujuan untuk mengantisipasi penyebaran PMS, dari kelompok yang mempunyai resiko tinggi, tertular ke kalangan masyarakat lain.

"Yang termasuk dalam kategori kelompok resiko tinggi adalah mereka para PSK,waria serta pengguna jasa PSK," jelasnya.

Dia menambahkan, sampel darah yang diambil, akan dikirimkan ke Laboratorium kesehatan yang ada di Manado untuk diperiksa lebih lanjut.

"Untuk itu pihak kami berharap, agar masyarakat dapat ikut berperan serta dalam mencegah penyebaran PMS, dengan menghindari perilaku-perilaku yang dapat mengakibatkan tertularnya PMS," imbaunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar