Sabtu, 27 Maret 2010

PEMPROV GORONTALO TINGKATKAN MUTU SMP MELALUI BEASISWA




Gorontalo, 27/3 - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispora) akan meningkatkan mutu Sekolah Menengah Pertama (SMP) melalui pemberian beasiswa.

Kepala Seksi SMP Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Pemprov Gorontalo, Zainab Mooduto pada Sabtu mengatakan pemberian beasiswa tersebut merupakan kebijakan pemerintah untuk membangun pendidikan yang berkualitas melalui peningkatan pelaksanaan wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun.

"Pemberian beasiswa tersebut diantaranya Beasiswa Siswa Miskin (BSM), Beasiswa Bakat dan Prestasi, serta Beasiswa SMP terbuka," kata Zainab.

Dia mengatakan, BSM diberikan dengan maksud untuk memenuhi kebutuhan pribadi siswa, agar mereka yang berasal dari keluarga miskin dapat melangsungkan pendidikannya.

"Program ini bertujuan untuk mencegah siswa dari kemungkinan putus sekolah dengan alasan kesulitan ekonomi, serta membantu kelancaran pendidikan mereka," katanya.

Sedangkan pemberian beasiswa bakat dan prestasi ditujukan bagi siswa yang memiliki prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik.

"Dengan diberikannya beasiswa bakat dan prestasi, siswa dapat lebih mengembangkan bakat yang dimiliknya," ujarnya.

Untuk program beasiswa SMP terbuka, sasarannya adalah anggota masyarakat usia sekolah terutama yang tidak mampu menempuh pendidikan reguler karena kemampuan ekonomi, jarak tempuh, waktu, dan sebagainya, katanya.

"Agar pemberian beasiswa ini tepat sasaran, maka perlu adanya penyatuan persepsi antara pihak sekolah, dinas pendidikan Kabupaten / Kota, provinsi dan direktorat pembinaan SMP melalui kegiatan workshop beasiswa," jelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar